Sukseskan SDGs Pendidikan Bermutu

by -16 Views
proses belajar mengajar 2
Gambar ilustrasi proses belajar mengajar

Suistanable Development Goals (SDGs) yaitu dokumen yang disahkan pemimipin dunia yang memuat 17 tujuan dan terbagi ke dalam 169 target untuk memberhentikan kemiskinan dan kelaparan, kesetaraan gender dan mengakhiri kesenjangan.

Pendidikan merupakan hak mendasar bagi kita sebagai manusia. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas diri dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan adanya aksi SDGs poin ke-4 tentang pendidikan bermutu yang diharapkan pendidikan di Indonesia merata, meningkat dan mampu bersaing dalam mendukung SDGs 2030. Selain itu, banyak sekali manfaat pendidikan yaitu untuk mengembangkan potensi masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

Pendidikan di Indonesia masih perlu mendapatkan perhatian karena tidak berfokus kepada pemerataan dan mutu pendidikan. Pendidikan di Indonesia tertinggal karena rendahnya mutu pendidikan. Banyak anak di Indonesia tidak melanjutkan pendidikan.

Di Indonesia, pendidikan belum sepenuhnya merata dari segi kualitas. Di kota sudah mendapatkan fasilitas-fasilitas yang cukup untuk digunakan saat proses pembelajaran sedangkan fasilitas pendidikan di Desa belum sesuai dengan standar dan kurangnya tenaga pendidik.

Berdasarkan permasalahan di atas mengacu pada SDGs yang merupakan program dari PBB. Guna mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia, maka perlu membuat perpustakaan gratis agar anak tidak perlu berfikir untuk membeli buku yang mahal dan adakan progam gemar membaca. Karena dengan membaca, anak akan tahu ilmu-ilmu yang tidak dipelajarinya di sekolah.

Adakan juga program sekolah gratis untuk SD hingga SMP. Mereka yang tidak memiliki finansial cukup akan merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut.

Lagi dan lagi masalah di Indonesia masih sama, yaitu berkaitan dengan kemiskinan. Dengan adanya SDGs pendidikan bermutu ini, pemerintah mempunyai tujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia sesuai targetnya.

Di samping itu, selain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, kesadaran terhadap diri sendiri akan pentingnya pendidikan juga harus ditanamkan.

Kita harus bersyukur karena dapat merasakan pendidikan dengan fasilitas yang mencukupi bahkan lebih, maka dari itu kita harus membantu dengan tenaga kita kepada warga yang tidak mendapat fasilitas cukup di daerahnya.

Jika tidak bisa dengan tenaga, kita juga bisa membantu warga yang kekurangan fasilitas pendidikan dengan menyebarkan informasi mengenai SDGs pendidikan bermutu ini. Marilah wujudkan Indonesia sejahtera di 2030.

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia”.
-Nelson Mandela-

Oleh:
Habibah Nur Chafsyah
Prodi Perbankan Syariah STEI SEBI

Leave a Reply