Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

by -15 Views
operasi semut radarkota
Sejumlah orang sedang membersihkan sampah usai beberapa kelompok massa melakukan aksi demonstrasi memprotes pemerintah terhadap kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng (foto:radarkota.com)

Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Lingkungan adalah anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya. Tidak ada kehidupan tanpa lingkungan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kebersihan adalah sebagian dari iman, semboyan yang selama ini sering kita dengar, maka dimanapun kita berada, kita harus selalu menjaga kebersihan dan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Kebersihan juga penting untuk kesehatan kita, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kebersihan lingkungan adalah salah satu hal penting yang harus dijaga oleh masyarakat di lingkungan sekitar Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, debu, penyakit, dan lain-lain yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan serta perilaku warga dilingkungan tersebut.

Kebersihan pun merupakan hal yang menunjang kegiatan warga sekitar.Maka dari itu kita sebagai warga harus menjaga lingkungan agar tetap bersih serta nyaman

Masih ada beberapa warga mungkin yang masih belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Banyak warga yang masih membuang sampah sembarangan walaupun telah di sediakan tempat khusus untuk membuang sampah.

Mungkin Sebagian dari warga berfikir membuang sampah sembarangan di sekitar tidak menimbulkan dampak yang begitu besar. Padahal banyak sekali dampak yang dapat ditimbulkan jika suatu lingkungan yang tak terjaga kebersihan nya.

Adapun dampak negatif saat membuang sampah sembarangan diantaranya yaitu dapat Menimbulkan genangan air, merusak pemandangan, menimbulkan bau yang tidak sedap serta dapat mendatangkan penyakit dan dapat mencemari lingkungan. Hal tersebut bisa saja terjadi di lingkungan sekitar jika selalu membuang sampah bukan pada tempatnya.

Sampah yang bertumpuk diselokan tersebut dapat menyumbat jalannya air di selokan tersebut sehingga saat hujan tiba mungkin saja mengakibatkan genangan air yang dapat mengganggu kenyamanan kita.

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat sangatlah penting akan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya kebersihan diri sendiri dan keluarga, tetapi sangat penting menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat sekitar.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan adalah lingkungan menjadi lebih sejuk, terhindar dari penyakit, bebas dari polusi udara, serta dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan tenang.

Oleh:
Aisyah Gaswati
Mahasiswi STEI SEBI

 

Leave a Reply