Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UBSI Beri Edukasi Toleransi Komunikasi Beragama

by -16 Views
WhatsApp Image 2024 06 20 at 17.15.37

RadarKota – Sebagai upaya menanamkan rasa toleransi beragama di tengah masyarakat, mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan kegiatan penyuluhan toleransi komunikasi beragama bertempat di apartement Adhi Karya Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu 5 Mei 2024 itu dihadiri oleh peserta yang sebagian besar masih berusia pelajar, mulai dari usia Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga usia dewasa. Para peserta yang hadir diberikan edukasi bagaimana cara berkomunikasi dengan menggunakan alat komunikasi yang baik dan benar agar tidak mengganggu kehidupan toleransi beragama.

“Toleransi komunikasi beragama ini sangat penting di kehidupan supaya menciptakan rasa rukun dan damai dan menjaga persatuan Indonesia. Seperti yang disebutkan Mpu Tantular “Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa”, yang artinya berbeda-beda tetapi satu. Tidak ada kebenaran yang kedua,” ujar Trah Widyastomo selaku pembicara UBSI. Dengan begitu, sambungnya, kerukunan beragama akan tercipta sehingga mempererat persaudaraan, meningkatkan kerja sama, dan melatih rasa empati.

Selain toleransi beragama, dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan sejarah komunikasi, nilai-nilai dalam komunikasi islam, cara menghindari sikap “intoleran”, bagaimana tingkat toleransi dalam komunikasi antar umat beragama di Indonesia. Selain itu, juga disampaikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik antar agama, dampak kurangnya toleransi dalam komunikasi beragama, serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan toleransi komunikasi antar agama dan peran Pendidikan agama dalam membangun toleransi komunikasi agama dikalangan generasi muda.

“Indonesia mengalami kenaikan dalam toleransi beragama. Menurut Indeks Kerukuan Umat Beragama (KUB) tahun 2023 presentasenya menjadi 76,02 persen, lebih besar dari tahun 2022 yaitu 73,09 persen,” kata Trah Widyastomo. Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan kegiatan acara penyuluhan ini bisa membuat generasi muda dapat menanamkan toleransi komunikasi beragama lebih baik.

 

Leave a Reply