Keindahan Taman Nasional Teluk Cendrawasih

by -14 Views
Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia, dan teluk ini terdiri dari daratan pesisir, pulau-pulau kontinental, terumbu karang dan air laut. Taman nasional ini terletak di Teluk Cenderawasih di provinsi Papua Barat.

Teluk Cendrawasih telah lama menjadi surga bagi berbagai terumbu karang dan biota laut. Tempat Teluk Cendrawasih yang menjorok ke daratan bagaikan kolam luas berisi kekayaan laut yang tumbuh di dalamnya. Teluk yang terletak di bagian leher “Kepala Burung” di Pulau Papua ini terlihat seperti mangkok dengan air yang dalam di tengah dan air di tepinya.

Papua memiliki ciri khas keindahan alam, termasuk wisata bawah laut yang menjadi tujuan umum wisatawan lokal maupun mancanegara. Menyebut nama Raja Ampat adalah salah satu hal yang wajib ketika kita berbicara tentang Papua. Namun nyatanya, Papua yang begitu luas menyimpan banyak sekali potensi dan keindahan.

Kebanyakan dari kita tidak menyadari akan keindahan tersebut, salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang tidak hanya menjadi rumah bagi kehidupan bawah laut tetapi juga berbagai margasatwa lainnya.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional dengan perairan terbesar di Indonesia. Fakta ini tentunya membuat Taman Nasional Cendrawasih menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai macam flora dan fauna, baik yang sudah teridentifikasi maupun yang belum teridentifikasi.

Terbukti, Taman Nasional Teluk Cendrawasih sendiri memiliki “kehormatan” sebagai suaka hiu paus di Indonesia. Hiu paus, yang dikenal dengan nama latin Rhincodon typus, merupakan spesies hiu terbesar di dunia. Meski “hanya” memakan plankton, ia bisa tumbuh hingga sepanjang 18 meter.

Di Indonesia sendiri, hiu paus hanya terdapat di tiga tempat, yakni Kepulauan Derawan, Kalimantan. Wilayah Gorontalo, Sulawesi dan terakhir Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua.

Pemerintah Kabupaten Nabire Papua menyiapkan beberapa destinasi wisata unggulan untuk mendukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023. Deputi Bidang Kebudayaan dan Olahraga Pemuda Dinas Pariwisata Nabire. Bupati Nabire Martina Deba mengatakan, Kabupaten Nabire memiliki pemandangan alam yang mempesona dan keunikan yang menarik dari segi wisata bahari, alam, dan budaya.

“Berenang bersama hiu paus atau Rhincodon typicus di perairan Kwatisore, Teluk Cenderawasih, Kabupaten Nabire merupakan salah satu wisata yang paling diminati wisatawan,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Martina mengatakan, wisata hiu paus di Kwatimore juga sedang dikembangkan sebagai eco-tourism atau wisata satwa liar yang berkelanjutan. Menurut Martina, paket wisata hiu paus di perairan Kwatisore dioperasikan oleh operator wisata yang mengantongi izin dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih. hal-hal lain yang menarik wisatawan.

Meski hiu paus menjadi primadona, Taman Nasional Teluk Cendrawasih sebenarnya juga memiliki beragam flora dan fauna. Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan rumah bagi lebih dari 200 jenis ikan dan 30 jenis burung, termasuk satwa yang dilindungi seperti burung cendrawasih dan penyu.

Seperti yang ditunjukkan oleh studi, hanya ada 506 hewan karang di Taman Nasional Teluk Cendrawasih pada tahun 2006. Dari hewan karang yang dimiliki Raja Ampat, 34 hilang dari 540 Taman Nasional Teluk dengan 178 spesies jauh lebih baik daripada Raja Ampat dimana terdapat 131. Spesies karang Studi menunjukkan bahwa spesies bawah laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih terus berkembang.

Meskipun Taman Nasional Teluk Cendrawasih 90% merupakan wilayah laut, daerah tersebut menawarkan wisata sejarah dan budaya di dua lokasi yaitu Pulau Misowaar dan Pulau Roon.

Oleh:
Nazwa Huda Aulia
Mahasiswi STEI SEBI

Leave a Reply