Kaleidoskop IndiHome 2022: Jaga Momentum Positif di Era Pasca Pandemi

by -12 Views
WhatsApp Image 2023 01 06 at 16.38.34

RadarKota – Tahun 2022 merupakan tahun yang dipenuhi rasa optimisme tinggi karena seiring dengan usainya pandemi Covid-19. Setelah 2 tahun terakhir masyarakat dipaksa berkegiatan di rumah, tahun ini berangsur-angsur kehidupan sosial-ekonomi masyarakat sudah mendekati normal layaknya situasi sebelum pandemi.

Namun di pertengahan tahun, optimisme ini terganggu lantaran fenomena banyaknya entitas bisnis digital yang melakukan melakukan efisiensi bisnis dan tenaga kerja. Sedangkan IndiHome terus tumbuh positif dari semua sisi, dengan jumlah pelanggan baru terus meningkat hingga akhir tahun 2022.

“Artinya sepanjang tahun ini, tren konsumsi digital masyarakat tetap meningkat,” kata Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk E. Kurniawan.

Secara spesifik, IndiHome mencatat konsumsi data masyarakat menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dengan jumlah perangkat terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi cukup besar mengingat pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 ada di kisaran 9 juta.

“Besarnya pengguna ekosistem kami menandakan adanya kepercayaan besar terhadap layanan kami,” kata Kurniawan.

Realisasi positif ini tidak didapat begitu saja. Diperlukan banyak upaya maksimal untuk bisa mendapat kepercayaan masyarakat. Sepanjang tahun 2022, tidak sedikit perbaikan layanan berkelanjutan dilakukan IndiHome.

Yang menjadi salah satu fokus IndiHome adalah pemerataan akses internet yang menyeluruh. Karena itu pembangunan jaringan ke daerah menjadi salah satu fokus utama.

Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Sehingga penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.

Dengan jangkauan yang makin masif, IndiHome mengedepankan #youarefirst, dalam memenuhi kepuasan pelanggannya di setiap ekspansi bisnisnya.

Dari sisi produk, di tahun 2022 IndiHome menegaskan diri sebagai provider internet optik fiber dengan layanan televisi interaktif terbanyak hingga 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT) seperti Netflix, Disney Hotstar, hingga Vidio.

Dengan banyaknya mitra OTT yang tergabung dalam ekosistem IndiHome, pelanggan dimudahkan dengan kustomisasi layanan sesuka hati dan kemudahan pembayaran cukup melalui 1 billing saja.

Tidak hanya sebagai internet service provider dengan channel tv interaktif terbanyak, setahun terakhir IndiHome terus berupaya meningkatkan kecepatan internet nasional. Dengan pangsa pasar (market share) internet fixed broadband nasional hingga lebih dari 80 persen, IndiHome terus berupaya meningkatkan peringkat kecepatan internet nasional.

Setelah mendongkrak kecepatan internet nasional menjadi 30 mbps per akhir tahun lalu, tahun ini IndiHome menargetkan peningkatan kecepatan internet nasional secara rata-rata 40 mbps.

“Ada hampir 3 juta pelanggan yang kami naikkan kecepatan internetnya secara gratis,” kata E. Kurniawan.

Di saat terjadi penyesuaian tarif internet akibat kenaikan PPN 11% pada bulan April 2022 lalu, IndiHome justru memberi diskon tarif pasang baru. IndiHome juga rajin memberi promo untuk mendatangkan pelanggan baru.
Tidak kurang puluhan promo yang dihadirkan sepanjang tahun 2022 ini seperti promo bulanan berbalut tanggal cantik, hari nasional Indonesia, dan inisiatif promo sendiri seperti dalam merayakan HUT Telkom sepanjang bulan Juni lalu.

Ragam promo yang diberikan pun beragam seperti potongan harga langganan, bebas biaya untuk pemasangan baru, hingga hadiah langsung kepada pelanggan.

IndiHome memastikan aktivitas promosi dilakukan secara berkelanjutan yang tidak sekedar bakar uang. Hal ini terbukti dengan hampir 100 persen pelanggan baru yang tetap setia menggunakan IndiHome. Bahkan dalam campaign promo 11.11 November lalu ada lebih dari 50 ribu pelanggan baru yang mendaftarkan diri dalam campaign tersebut.

Ini menunjukan kebutuhan masyarakat akan internet cepat tetap tinggi.
Di luar kegiatan core businessnya, hampir setiap pekan IndiHome berikan dukungan ke puluhan kegiatan multisektor seperti olah raga, e-sport, seni, literasi, pendidikan hingga kegiatan sosial yang tersebar di seluruh Indonesia.

Contohnya, event akbar balapan MotoGP Indonesia pada Maret 2022 lalu mengukir sejarah baru karena IndiHome turut andil dalam kesuksesan tersebut dengan menyiapkan fasilitas internet optik fiber untuk semua stakeholder yang hadir di sirkuit ataupun penonton yang hadir.

Lalu, ada juga dukungan terhadap “Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” sukses digelar dengan antusias dari masyarakat bukan hanya pelanggan setia IndiHome saja. Dari cabang olahraga eSport IndiHome sukses melahirkan talenta berbakat yang siap membawa nama baik Indonesia di kancah internasional, terbukti dari beberapa event yang digelar perwakilan LEAD by IndiHome ikut serta dalam kejuaraan Asia Tenggara pada medio tahun 2022 lalu.

Dukungan IndiHome terhadap salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia yakni Badminton juga sudah membuahkan hasil. Ada Ardini Cantika Putri atlet junior dari IGBA (IndiHome Badminton Academy) yang mengharumkan nama bangsa usai meraih juara I pada turnamen Victor Denmark Junior U17 di Odense Denmark yang digelar 19 – 23 Oktober 2022 yang lalu.

Dengan rentetan ekspansi produk, pelayanan, dan berbagai kegiatan yang didasari dengan perencanaan dan eksekusi terarah, IndiHome mendapat kepercayaan masyarakat yang amat besar. Tidak kurang 37 penghargaan, bertumbuh pesat dari 24 penghargaan pada tahun lalu, bergengsi dari instansi bonafit dalam dan luar negeri.

Sebut saja Stevie Award dan WEP Award yang memberi apresiasi besar terhadap ketanggapan layanan konsumen IndiHome dengan memberikan empat perhargaan prestisnya. Penghargaan bergengsi dari Stevie Award, khususnya, tak lepas dari kesigapan para talent layanan konsumen yang 24 jam siaga untuk konsumennya. Berbagai keluhan masyarakat yang diterima langsung diteruskan kepada lebih dari 16 ribu teknisi IndiHome yang tersebar di seluruh Nusantara.

Begitu juga apresiasi dari dalam negeri. IndiHome merasa terhormat meraih banyak gelar sebagai “Best Fixed Broadband Brand” nasional dari berbagai instansi seperti Indonesia Brand Forum, PR Indonesia, CNBC Indonesia Award, hingga Selular.

Penghargaan yang IndiHome terima tidak lepas dari dukungan pelanggan setia IndiHome. Pencapaian tersebut merupakan apresiasi yang besar bagi IndiHome untuk terus memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan dan bekerja lebih ekstra untuk bangsa dan negara.

Walhasil, IndiHome pun optimistis bisa melanjutkan tren positif pembangunan digitalisasi nasional di masa mendatang yang lebih menyeluruh dan inklusif.

“Ekonomi digital sudah terbukti mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena itu kami sangat optimistis menyongsong tahun 2023 dan menjadi bagian dalam pengembangan ekosistem digital nasional. Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan mitra potensial untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi nasional,” kata E. Kurniawan

Leave a Reply