Perpindahan Sejumlah Fakultas UIN Imam Bonjol Dorong Sosial Ekononomi Masyarakat?

by -10 Views
image001
Pembangunan kampus UIN Imam Bonjol Padang

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang merupakan salah satu kampus yang terletak di Kota Padang yang berdiri pada tahun 1966 tanggal 21 November, yang pada masa itu masih menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, hingga bedasarkan peraturan Presiden No. 35 Tahun 2017 berubah menjadi UIN pada tahun 2017 yang lalu.

Pada perkembangannya saat ini konversi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), universitas memiliki 6 fakultas dengan 25 jurusan/program studi yang terdiri dari:
• Fakultas Adab dan Humaniora; Program Studi (a) Bahasa dan Sastra Arab (S1), (b) Sejarah Peradaban Islam (S1), (c) Ilmu Perpustakaan (D3), dan (d) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (S1).

• Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi; Program Studi (a) Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1), (b) Bimbingan dan Konseling Islam (S1), (c) Manajemen Dakwah (S1), dan (d) Pengembangan Masyarakat Islam (S1).

• Fakultas Syariah; Program Studi (a) Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal asy-Syakhshiyah) (S1), (b) Perbandingan Mazhab (S1), (c) Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah) (S1), (d) Hukum Tatanegara (Siyasah Syar’iyyah) (S1).

• Fakultas Tarbiyah dan Keguruan; Program Studi (a) Pendidikan Agama Islam (S1), (b) Pendidikan Bahasa Arab (S1), (c) Manajemen Pendidikan Islam (S1), (d) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), (e) Tadris Bahasa Inggris (S1), (f) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam/ Fisika (S1), (g) Tadris Matematika (S1), (h) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial/ Sejarah (S1), dan (i) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (S1), serta (i) Pendidikan Profesi Guru (Profesi).

• Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama; Program Studi (a) Aqidah dan Filsafat Islam (S1), (b) Studi Agama-Agama (S1), (c) Ilmu al-Qur`an dan Tafsir (S1), (d) Psikologi Islam (S1), (e) Ilmu Hadis (S1), dan (f) Tasawuf dan Psikoterapi (S1).

• Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam; Program Studi (a) Ekonomi Syariah (S1), (b) Manajemen Perbankan Syariah (D3), (c) Akuntansi Syariah (S1), (d) Perbankan Syariah (S1), dan (e) Manajemen Bisnis Syariah (S1); dan

• Fakultas Sains dan Teknologi; Program Studi (a) Matematika (S1), (b) Sistem Informasi (S1). hingga Mempunyai program Pascasarjana.

Kampus UIN Imam Bonjol Padang jenjang S1 awalnya terletak di Kampus II yaitu Jl. Prof. Muhammad Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. Awalnya Terdapat beberapa fakultas yang masih berada disana selain Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Sains dan Teknologi yang berada di Seiba atau sering di kenal dengan Sungai Bangek, Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Pada Kampus II tersebut sangat dekat dengan kota, mengakibatkan perkembangan aktivitas kegiatan kampus sulit dalam ranah daerah karena luas area yang begitu sempit. Dengan seiring waktu, rencana setiap akademik dan program study berkembangnya UIN Imam Bonjol Padang meningkat semakin pesat, dan salah satu tujuannya mewujudkan misi menjadi Universitas Islam yang Kompetitif di ASEAN tahun 2037, maka kampus mengeluarkan Surat Edaran No. B.1717/UN.13/R/R.I/PP.00.9/07/2022 tentang perpindahan beberapa Fakultas yang berada dikampus II di pindahkan ke Kampus III secara bertahap.

Karena telah dibangunnya kampus di daerah Seiba, kini daerah tersebut jauh berbeda dengan keadaan sebelumnya yang masih sepi dan lengang. Kini disekitarnya menjadi ramai oleh mahasiswa maupun penduduk yang ingin bertempat tinggal di sana.

Hal tersebut menjadikan suatu akses bagi yang ingin mendapatkan/mempergunakan peluang untuk menumbuhkan perekonomian baik mendirikan bangunan kost-kostan, perumahan, usaha-usaha lainnya seperti rumah makan, laundry, photocopy dan lain sebagainya.

Salah satu akses jalan yang jauh dari kampus, membuat mahasiswa membutuhkan transportasi seperti ojek maupun bus kampus. Menjadikan pendapatan yang meningkat bagi masyarat maupun usaha-usaha di sekitaran sana.

Perpindahan kampus II ke kampus III UIN Imam Bonjol Padang menyebabkan bertambahnya jumlah mahasiswa meningkatkan penduduk di sekitar Seiba yang kemudian memicu terjadinya pemusatan kegiatan ekonomi (Aglomerasi).

Zelai Xu (2009) mengatakan, bahwa Aglomerasi bisa terjadi bukan hanya kerena adanya pengelompokan industri-industri, tetapi dapat juga disebabkan oleh peningkatan penduduk. Peningkatan terjadi akibat perpindahan Kampus UIN Imam Bonjol Padang ke Sungai Bangek.

Tentunya pembangunan kampus ini memberikan dampak terhadap masyarakat seperti dapat membuka banyak lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan dapat memunculkan pertumbuhan-pertumbuhan baru yang menciptakan peluang usaha dan menaikan taraf kehidupan baik dari individu maupun kelompok terhadap sosial ekonomi masyarakat Seiba/Sungai Bangek.

Kini daerah tersebut ramai akan penduduk, baik dari masyarakat yang ingin tinggal di sana maupun dari mahasiswa yang ingin dekat dengan kampus. Sebagian masyarakat yang mempunyai lahan mempergunakan lahannya (tanah) untuk membangun kost-kostsan, maupun membuka lapak jualan sekitaran kos mahasiswa agar lebih mudah untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Hal tersebut saling menguntungkan dari mahasiswa itu sendiri dan pelaku usaha. Ini menjadikan perkembangan aspek ekonomi meningkat. Dengan hal tersebut, potensi ekonomi di daerah Seiba dapat peningkatan dari masa ke masa memajukan kawasan sepi tersebut menjadikan kawasan yang bisa gunakan sebagai lahan pendorong sosial perekonomian Masyarakat sekitar.

Oleh :
Sovia Anggraeni Marulafau
Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam
UIN Imam Bonjol Padang

Leave a Reply