Program Pengabdian pada Masyarakat, Mahasiswa UMM Gelar Sosialisasi dan Pelatihan

by -26 Views
WhatsApp Image 2024 02 26 at 16.23.47

RadarKota – Sebagai wujud nyata memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, Kelompok 17 Gelombang 7 Program Pengabdian pada Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melaksanakan kegiatan di Kelurahan Semayan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan.

Dengan fokus pada pembangunan berkelanjutan, kelompok ini menyelenggarakan program yang mencakup sosialisasi mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), promosi penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran digital, serta pelaksanaan praktik lapangan berupa penanaman cabai dan berbagai bantuan lainnya.

Sosialisasi mengenai SDGs menjadi salah satu prioritas utama kelompok ini. Mereka menyadari pentingnya pemahaman masyarakat akan tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan oleh PBB. Dalam kegiatan sosialisasi ini, kelompok tersebut memberikan informasi tentang bagaimana pemanfaatan pekarangan halaman dapat berkontribusi pada pencapaian beberapa tujuan SDGs, seperti pangan berkelanjutan dan kesehatan.

Konsep ini diimplementasikan dengan memberikan contoh nyata dalam bentuk penanaman cabai di pekarangan halaman warga. Selain itu, kelompok ini juga aktif dalam mempromosikan penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran digital. Kelompok ini melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat QRIS, termasuk kemudahan dan keamanannya.

Langkah ini diikuti dengan pembuatan QRIS untuk dua toko di Kelurahan Semayan, sehingga mendorong adopsi teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.
Langkah nyata dalam mendukung keberlanjutan lingkungan juga diwujudkan melalui kegiatan penanaman cabai di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Semayan dengan melibatkan siswa-siswi sekolah tersebut.

Tidak hanya memberikan edukasi tentang pertanian dan keberlanjutan lingkungan, kelompok ini juga memberikan pengalaman langsung yang berharga bagi para peserta. Selain itu, kelompok 17 juga terlibat dalam pembuatan pelayanan digital di kelurahan menggunakan platform G.FORM. Dengan memanfaatkan teknologi, pelayanan publik dapat lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Kelompok 17 memberikan pelatihan kepada staf kelurahan tentang penggunaan platform ini serta terlibat aktif dalam memfasilitasi pertemuan dan diskusi terkait pengembangan pelayanan digital yang lebih baik.

Bukan hanya itu, para mahasiswa tersebut juga memberikan bantuan dalam hal administrasi kelurahan, serta mendukung proses musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di kelurahan. Dengan berpartisipasi aktif dalam proses administrasi dan pengambilan keputusan di tingkat kelurahan, kelompok ini membantu memastikan bahwa kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat terakomodasi dengan baik dalam perencanaan pembangunan lokal.

Tak sampai di situ, kelompok ini juga memberikan bantuan dalam berbagai kegiatan lainnya, termasuk di posyandu dan kegiatan sosial lainnya yang diadakan oleh masyarakat setempat. Melalui keterlibatan aktif dalam berbagai kegiatan ini, Kelompok 17 Gelombang 7 PMM UMM Malang telah berhasil menciptakan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kelurahan Semayan, membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Oleh:

Kelompok 17 Gelombang 7
Program Pengabdian pada Masyarakat (PMM)
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Leave a Reply