Ini Peran Penting Indra Karya di Bendungan Cipanunjang dan Saddle Dam Puncak Mara

by -21 Views
PT Indra Karya Persero dalam Pemasangan Inclinometer dan Piezometer untuk Keamanan Bendungan Cipanunjang dan Saddle Dam Puncak Mara
PT Indra Karya (Persero) saat Pemasangan Inclinometer dan Piezometer untuk Keamanan Bendungan Cipanunjang dan Saddle Dam Puncak Mara

RadarKota – Bendungan Cipanunjang dan Saddle Dam Puncak Mara adalah dua infrastruktur bendungan yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kedua bendungan ini memiliki peran penting dalam pengelolaan sumber daya air di wilayah tersebut.

Bendungan Cipanunjang, sebagai bendungan utama, memiliki fungsi yang sangat vital dalam mengatur aliran air, menyediakan pasokan air untuk irigasi, air minum, dan energi listrik.

Dengan kapasitas yang besar, bendungan ini mampu menampung air secara efisien dan mengendalikan aliran sungai, sehingga dapat mengurangi risiko banjir dan memberikan pasokan air yang stabil untuk kegiatan pertanian dan pemukiman di sekitarnya.

Sementara itu, saddle dam merupakan bendungan yang terletak di tepi, jauh dari bendungan utama, dengan tujuan mencegah keluarnya air dari waduk sehingga air waduk tidak mengalir ke daerah sekitarnya.

PT Indra Karya (Persero) telah ditunjuk untuk melaksanakan pemasangan instrumen pada bendungan Cipanunjang dan Saddle Dam Puncak Mara. Pada Bendungan Cipanunjang, dilakukan pemasangan inclinometer yang berfungsi untuk mengukur dan memantau kemiringan atau perubahan kemiringan lereng atau dinding bendungan.

Data yang diperoleh dari inclinometer digunakan untuk memonitor stabilitas dan keamanan bendungan. Perubahan kemiringan yang signifikan dapat menjadi indikasi adanya potensi kerusakan atau kegagalan pada bendungan, sehingga langkah-langkah pencegahan atau perbaikan yang diperlukan dapat segera diambil.

Sementara itu, pada Saddle Dam Puncak Mara, dilakukan pemasangan piezometer untuk memantau tekanan air atau perubahan tekanan air di sekitar atau di dalam saddle dam. Piezometer ini ditempatkan di dalam tanah atau struktur bendungan dan memberikan informasi penting tentang kondisi hidrologi dan hidrogeologi di sekitar saddle dam.

Kehadiran kedua instrumen ini menjadi kunci penting dalam menjaga keamanan dan keandalan bendungan, serta mengambil langkah-langkah pencegahan atau perbaikan yang diperlukan jika terdapat ancaman atau masalah potensial yang muncul.

Dengan adanya pemantauan yang efektif menggunakan inclinometer dan piezometer, diharapkan keberadaan bendungan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal dan menjaga keberlanjutan pengelolaan sumber daya air di wilayah Kabupaten Bandung.

Leave a Reply