Indra Karya Diberi Kepercayaan Mitigasi Potensi Bahaya di Area Bendungan Pamukkulu

by -15 Views
mitigasi potensi bahaya bendungan pamakulu
PT Indra Karya saat melakukan penyelidikan dan analisis terkait kondisi geologi dan geoteknik di lokasi Bendungan Pamukkulu dan sekitarnya

RadarKota – PT Indra Karya mendapat kepercayaan untuk melaksanakan penyelidikan dan analisis terkait kondisi geologi dan geoteknik di lokasi Bendungan Pamukkulu dan sekitarnya.

Perusahaan pelat merah tersebut diberi kepercayaan dalam pelaksanaan supervisi pembangunan bendungan yang terletak di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan yang memiliki sejuta manfaat tersebut.

Bendungan Pamukkulu berlokasi di daerah tangkapan air yang terletak di Pegunungan Lompobattang dan berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng. Adanya potensi longsoran di Gunung Bawakaraeng dapat menyebabkan sedimentasi dan mengancam masa operasional bendungan.

Dalam upaya mitigasi potensi bahaya, perlu diperoleh data yang diperlukan untuk menyusun dokumen RTD (Rencana Tindak Darurat) dan laporan terkait potensi longsoran di area hulu dan waduk Pamukkulu.

Output yang didapat dari pekerjaan ini yakni berupa penyediaan data, analisis, rekomendasi, dan panduan bagi pengelola bendungan serta stakeholder terkait yang bertanggung jawab dalam mengatasi risiko akibat kegagalan bendungan.

Memperhatikan lokasi strategis di daerah tangkapan air Pegunungan Lompobattang dekat dengan Gunung Bawakaraeng, upaya pengelolaan potensi bahaya dan risiko keruntuhan, menjadi faktor utama dalam kesuksesan pekerjaan ini.

Melalui komitmen dan kualitas kerja Survey & Investigation PT Indra Karya (Persero) dalam melaksanakan penyelidikan dan analisis geologi serta geoteknik, data, rekomendasi, dan panduan yang dihasilkan akan menjadi landasan yang kuat bagi pengelola bendungan dan seluruh pihak terkait dalam menghadapi dan mengatasi risiko potensial.

Diharapkan dari adanya pekerjaan ini, Bendungan Pamukkulu dapat terus memberikan manfaat yang signifikan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan menjadi aset yang berkelanjutan bagi Kabupaten Takalar dan Sulawesi Selatan pada masa depan.

Sebagai informasi, Bendungan Pamukkulu merupakan bendungan multifungsi yang memiliki manfaat untuk meningkatkan penggunaan sumber daya air guna memenuhi kebutuhan irigasi, pasokan air bersih, pengendalian banjir, pembangkit listrik, serta meningkatkan intensitas pertanian dari 150% menjadi 220% dikarenakan Kabupaten Takalar memiliki potensi pertanian yang sangat baik.

Selain itu, pembangunan bendungan Pamukkulu juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Takalar.

Leave a Reply