Smart Water System jadi Solusi untuk Daerah yang Kesulitan Air Bersih

by -9 Views
Indra Karya Laksanakan Kolaborasi Program Smart Water System 2
Smart Water System oleh Indra Karya | Foto: Humas Indra Karya

RadarKota – Menyadari pentingnya air bersih untuk masyarakat, PT Indra Karya (Persero) menghadirkan Smart Water System. Program tersebut membantu pengelolaan air bersih, terutama untuk daerah-daerah yang mengalami kesulitan akses air bersih.

Sejak tahun 2020, Indra Karya telah terlibat dalam penyediaan sarana air bersih di Indonesia melalui Smart Water System by Indra Karya. Program Smart Water System ini merupakan teknologi karya insan Indra Karya yang terintegrasi dengan Smart Card dan dapat diterapkan pada desa-desa yang memiliki kesulitan akses air bersih.

Warga akan mendapatkan Smart Card yang digunakan sebagai Tap Card untuk mengucurkan air bersih sesuai kuota yang didapatkan secara adil dan merata melalui pembatasan kuota kebutuhan pengisian air dari masing-masing kepala keluarga.

Setiap pengambilan air, akan memotong kuota secara otomatis setelah digunakan sesuai dengan batas maksimal kuota harian untuk pengisian air bersih bagi setiap Kepala Keluarga (KK). Untuk implementasinya, Indra Karya menjelaskan teknologi mesin air ini disesuaikan dengan sumber air yang ada.

Hingga saat ini, sudah mulai diimplementasikan di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Desa Modung-Jawa Timur, Desa Cidadap-Jawa Barat, Desa Marparan-Jawa Timur, Desa Junok-Jawa Timur, Adonara-NTT, Labuan Bajo-NTT dan terakhir di Desa Buyut Utara-Lampung yang bekerja sama dengan PT Hutama Karya (Persero).

Indra Karya menyatakan, manfaat Smart Water System adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan adanya pengelolaan dan optimalisasi air bersih. Pengelolaan sumber daya air ini, dapat memenuhi kebutuhan air bersih layak konsumsi bagi 3.851 jiwa dan 996 Kepala Keluarga sekitar Desa Buyut Utara secara adil dan merata, dengan kuota per orang sebesar 100 liter per hari.

Disampaikan juga, Program Smart Water System Indra Karya telah meraih berbagai penghargaan, antara lain, ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit 2021 (BCOMSS) pada kategori Sustainablity Community Development and Involvement dengan peringkat Bronze melalui Program Smart Water System, yang diberikan secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Penghargaan Kategori TOP CSR Awards yang diselenggarakan oleh TOP CSR Awards 2021, dan Penghargaan Smart Water System Management yang diselenggarakan oleh Nusantara CSR Awards 2021 The La Tofi School of CSR.

Leave a Reply