Program Air Bersih Bentuk Upaya Pemulihan dan Pembangunan Pasca Gempa Cianjur

by -21 Views
program air bersih pasca gempa cianjur

RadarKota – Gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu menyebabkan dampak kerusakan dan keselamatan bagi banyak masayarakat, khususnya di Desa Cibeureum dan Desa Mangunkerta.

Berbagai aspek vital masih dalam masa pemulihan pasca bencana, salah satunya akses terhadap pasokan air bersih yang dirasakan oleh lebih dari 600 individu, mewakili sekitar 100 kepala keluarga.

Terkait hal tersebut, PT Indra Karya (Persero) bersama Huayou International Mining Limited dan PT Vale Indonesia Tbk, menginisiasi program penyediaan pasokan air bersih untuk kedua desa, yakni meliputi pembuatan sumur bor dan pipanisasi mata air untuk melayani kebutuhan warga, pendirian shelter-shelter air berbentuk tangki untuk mendistribusikan air, dan juga pembangunan fasilitas sanitasi seperti tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK) di titik-titik strategis yang telah ditentukan sebelumnya.

Untuk merealisasikan rencana ini, beberapa survei teknis juga telah dilakukan untuk menilai aspek teknis terkait kondisi air tanah dan distribusi air melalui pipa.

Program ini memiliki dimensi yang lebih luas daripada sekadar mengejar keberlanjutan pasokan air bersih. Dukungan kepada masyarakat yang terdampak dilakukan sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dari kolaborasi beberapa perusahaan terlibat.

Kerja sama ini melibatkan kegiatan pengeboran sumur bor, penyediaan material pipa yang diperlukan untuk menghubungkan sumur-sumur bor pada Desa Cibeureum, sekaligus melaksanakan pipanisasi dan layanan teknisi listrik untuk mengoptimalkan sumber mata air di Desa Mangunkerta.

Program CSR ini tidak hanya berperan sebagai upaya pemulihan, tetapi juga merupakan pondasi awal dalam membangun ketangguhan masyarakat. Semangat kolaboratif dalam menghadapi berbagai tantangan menjadi dasar yang penting dalam mencapai kemajuan, serta membentuk lingkungan baik dan seimbang antara manusia dengan alam.

Leave a Reply