Sering Amblas, PT Indra Karya Lakukan Studi dan Solusi Perbaikan Jalan Tambang di Konawe

by -13 Views
PT Indra Karya Lakukan Studi dan Solusi Perbaikan Jalan Tambang di Konawe yang Sering Amblas
Beberapa tenaga ahli dan teknisi dari PT Indra Karya (Persero) saat melakukan studi dan mencari solusi terkait jalan tambang nikel di Konawe Utara yang Sering Amblas - Foto: Dok PT Indra Karya

RadarKota – Dalam upaya mencari solusi perbaikan jalan amblas yangh diakibatkan oleh aktivitas pertambangan, PT Indra Karya (Persero) Survey & Investigation Division yang memiliki spesialisasi di bidang geoteknik melakukan studi untuk mereview desain jalan eksisting di area kerja PT Putra Perkasa Abadi.

Sebagai informasi, lokasi dan jalan tambang nikel PT Putra Perkasa Abadi site PT Makmur Lestari Primatama berlokasi di Desa Molore, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara telah berulangkali mengalami amblas, meski sudah menggunakan timbunan sangat tebal.

Oleh sebab itu, dibutuhkan penelitian yang mendukung teknis kegiatan pertambangan nikel tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab amblasnya jalan dan memberikan solusi perbaikan serta desain rencana untuk jalan yang baru.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan peninjauan secara visual jalan eksisting, pengambilan data ground pressure, dan analisis daya dukung tanah yang ada di lokasi tambang. Jalan eksisting ditinjau secara visual dan dikategorikan tingkat kerusakannya menurut nilai RCI (Road Condition Index) sesuai dengan peraturan.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 13/PRT/M/2011, hal ini dilakukan untuk menentukan prioritas section jalan yang perlu diperbaiki terlebih dahulu. Analisis daya dukung tanah dilakukan pada tanah eksisting dengan pengujian kepadatan, kadar air, dan CBR (California Bearing Ratio) secara insitu dan di laboratorium.

Selain analisis jalan tambang (haul road) eksisting, PT. Indra Karya (Persero) Survey & Investigation Division juga memberikan usulan perbaikan jalan eksisting dan usulan jalan yang akan dibuat.

Dalam penelitian ini, PT Indra Karya (Persero) Survey & Investigation Division memberikan solusi perbaikan dan desain rencana yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional di lokasi tambang nikel di Konawe.

Leave a Reply