Begini Cara Indra Karya Menumbuhkan Ekonomi Desa

by -22 Views
tanam pohon Indra Karya

RadarKota – Sebagai wujud nyata mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau yang dapat disebut Sustainability Development Goals (SDGs), PT Indra Karya (Persero) menunjukkan langkah konkretnya melalui pengembangan program Desa Sukorejo Terintegrasi.

Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang tinggi dari perseroan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Sukorejo, khususnya di bidang ekonomi.

Pelaksanaan program Desa Sukorejo Terintegrasi dibagi menjadi dua, yakni Desa Wisata Organik yang meliputi budidaya padi organik, tanaman jagung jali, perikanan, pestisida organik, biogas dengan adanya keterlibatan masyarakat sebanyak 42 petani dan BUMDes.

Selain itu, juga Desa Wisata Durian yang meliputi pelaksanaan Pohon Durian Monthong, Bawor, dan Musangking yang bertujuan untuk mendorong terbukanya peluang usaha bagi masyarakat setempat.

Berkontribusi dalam pelaksanaan implementasi SDGs pilar Ekonomi, Indra Karya memliki target yang capaian terhadap kemajuan desa yakni melalui ketercapaian desa terhadap beberapa hal.

Antara lain peningkatan pemanfaatan teknologi, peningkatan kolaborasi antar BUMN maupun dengan pihak lain yang sesuai dengan kompetensi untuk meningkatkan dampak positif program, terlaksananya Program Sosial Pendidikan, Program Penanaman Pohon, Program Sanitasi Layak, Program Desa Wisata, Program Pelatihan UMK, serta Creating Shared Value (CSV) untuk setahun kedepan.

Pelaksanaan program di Desa Sukorejo Kabupaten Sragen ini memberikan manfaat bagi 2.642 jiwa penduduk di desa Sukorejo atau sejumlah 850 jiwa kepala keluarga, secara umum manfaat berdampak pada meningkatnya penghasilan para petani serta masyarakat sekitar Desa Sukorejo.

Sebagai informasi, Desa Sukorejo merupakan salah satu desa terpilih sebagai lokasi bakti sosial Relawan Bakti BUMN. Selain itu, Desa Sukorejo juga menjadi peraih penghargaan Juara I pada ajang Penghargaan Sragen Awards 2023 dengan Kategori Evaluasi Pengembangan Desa.

Hal ini tidak terlepas dari komitmen dan kontribusi signifikan dari PT Indra Karya (Persero) dalam implementasi program CSR yang memberikan dampak positif dalam membangun kualitas hidup masyarakat dan lingkungan. Sekaligus mendukung percepatan penerapan Sustainable Development Goals (SDGs).

Leave a Reply