Gowes Touring Persatuan Indonesia Membawa Pesan Perdamaian

by -28 Views
gowes kedaipena

RadarKota – Perjalanan bersepeda jarak jauh Gowes Touring Persatuan Indonesia dilakukan pada 14-15 November 2023. Start dari Koramil Tangerang Selatan, perjalanan selesai di Bandung dengan baik.

Sekjen Advokasi Rakyat untuk Nusantara (ARUN) Bungas T. Fernando Duling menyambut baik upaya mempersatukan Indonesia yang dilakukan komunitas sepeda, mahasiswa dan TNI.

“Persatuan Indonesia sila ketiga pancasila. Persatuan Indonesia membawa pesan keseimbangan perdamaian, mulai dari kultur sosial, kultur alam dan kultur histori,” ujar Nando di Bandung, Senin, 16 Oktober 2023.

Apalagi dalam perjalanan itu, disosialisasikan juga lagu Persatuan Indonesia kepada masyarakat yang dilewati. Ini sebuah pesan menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah masyarakat yang dilewati, yang di jalan, yang di pasar, yang di sekolah merespon baik. Mereka mendengar lagu dan semoga menghayati apa itu persatuan Indonesia. Tidak mudah terpecah di tahun politik,” sambungnya.

Nando, sapaan dia melanjutkan, hal juga yang menarik, kegiatan ini berakhir di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA). Jadi semaki lengkap rangkaian kegiatan Gowes Touring Persatuan Indonesia adalah Keseimbangan sebagai pesan perdamaian.

“KAA mengingatkan Dasasila dan solidaritas Bandung. KAA membawa pesan perdamaian dunia,” tandas aktivis 98 ini.