Golkar Tetap Calonkan Airlangga Sebagai Capres Meski Ganjar Siap Nyapres

by -73 Views
Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

RadarKota – Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan, partai berlambang pohon beringin itu tidak dalam posisi menolak jika partai lain yang tergabung dalam KIB akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

Namun, dia menegaskan dalam keputusan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) beberapa tahun lalu, Golkar akan mencalonkan ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, sebagai capres. Seperti diketahui Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, telah menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

“Saya tidak katakan menolak. Tapi Golkar mencalonkan Airlangga sebagai presiden. Itu keputusan Munas (Musyawarah Nasional) 2019 dan keputusan Rapimnas 2021. Keputusan paling tinggi Partai Golkar ada di munas. Baru diperkuat di rapimnas,” katanya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2022.

“Kita belum ada pembicaraan ke sana. Kita kan, chapter capres cawapres masih chapter belakang. Besok kita masih cerita tentang visi misi. Belum cerita tentang siapa capres cawapres,” tambahnya.

Lebih lanjut, Lodewijk menegaskan pihaknya belum mendiskusikan Ganjar yang menyatakan kesiapannya capres. Dia menyebut saat ini partainya akan menyiapkan visi misi capres KIB terlebih dahulu.

“Sementara belum ada pembicaraan ke sana, karena memang yang disampaikan Pak Airlangga kita baru chapter dua, yaitu kita membahas kalau itu kan ketentuan umum, katakan, kalau kita bicara buku ya kita baru bahas tentang visi misi. Itu bagian kan beda-beda, misalnya NasDem koalisi belum terbentuk tapi udah usung capres,” katanya.

“Kalau kita Golkar KIB tidak bentuk tapi kita belum bahas capres, Gerindra dengan PKB dengan KIR-nya, Kebangkitan Indonesia Raya, sama tadinya, dia hanya tidak, yaitu bagian dari strategi masing-masing,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo baru-baru ini melontarkan pernyataan soal kesiapannya maju capres di Pilpres 2024. Ganjar berkode siap mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah wawancara yang dilakukan stasiun TV swasta. “Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap,” kata Ganjar dikutip, Selasa, 18 Oktober 2022.

Ganjar mengatakan semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden. Menurut Ganjar, setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.

“Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu,” imbuhnya.

Leave a Reply